Terhubung dengan kami

Terpapar Amonia, Begini Langkah PT Pupuk Iskandar Muda

News

Terpapar Amonia, Begini Langkah PT Pupuk Iskandar Muda

ACEH UTARA | Sejumlah karyawan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), Aceh Utara, terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Prima Inti Medika karena terkena paparan kebocoran ammonia yang terjadi di lokasi pabrik. Selain itu sejumlah ambulans dan mobil evakuasi terlihat berlalu-lalang di seputaran kantor, pabrik juga wilayah desa binaan, Kamis (27/12/ 2018).

Suasana itu tergambar dalam simulasi tanggap darurat yang dilakukan oleh PT PIM dengan situasi kebocoran ammonia. Simulasi berawal ketika sirine panjang selama dua menit yang menandakan terdapat kebocoran ammonia, dilanjutkan dengan sirine berdurasi lima detik on dan lima detik off yang kali ini bermakna akan mulai dilakukan proses evakuasi.

Seluruh karyawan akan berkumpul di Assembly Point untuk menaiki bus untuk menuju ke titik Assembly Point ke dua yaitu mesjid Almuntaha yang berada di komplek perumahan PT.PIM.

“Ini untuk melatih seluruh petugas evakuasi dan juga member pemahaman kepada karyawan maupun warga bagaimana menghadapi kebocoran ammonia, kebetulan simulasi ini kita lakukan tanpa pemberitahuan terlebih dulu,” Kepala Bagian Tanggap Darurat, PT PIM Aceh Utara, Abdullah.

Korban yang mengalami sesak nafas karena terhirup paparan zat ammonia, akan segera di evakuasi ke rumah sakit untuk diberikan pertolongan oksigen. Apabila sakit berkelanjutan maka pihak perusahaan akan mengevakuasi korban ke rumah sakit di Kota Lhokseumawe untuk pengobatan lanjutan.

“Kesiagaan terhadap bencana harus dilatih terus menerus. Masyarakat juga diedukasi, jadi ini bukan hanya karyawan saja, masyarakat sekitar juga,” pungkasnya. |DIM

Dapatkan berita terbaru dari Bakata.id dengan berlangganan notifikasi portal berita ini.

Artikel lain dalam News

Ke Atas